Sejarah Cappucino dan Cara Membuat Cappucino Biar Terasa Istimewa Ala Cafe

Sejarah Cappucino dan Cara Membuat Cappucino Biar Terasa Istimewa Ala Cafe

Kini Anda bisa mencoba untuk membuat cappucino sendiri ala café di rumah. Cappucino sendiri adalah sebuah sajian minuman dengan kombinasi antara susu panas dengan espresso. Susu yang telah dipanaskan berbentuk busa atau foam. Inilah cara membuat cappucino yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah.

Sejarah Pembuatan Cappucino

Di masa sebelum akhirnya mengenal cappucino, penduduk di Eropa menikmati kopi yang diseduh dengan cara tradisional Ottoman. Mereka merebus air dengan biji kopi, kemudian menambahkan gula ke dalam campuran tersebut. Pada masa 1700 Masehi, barulah warga Inggris dan Perancis mulai untuk menyaring biji kopi.

Cappucino sendiri merupakan istilah yang pertama kali digunakan untuk menyebut ‘kapunzier’ pada sebuah kedai kopi tradisional yang terletak di Wina pada 1700 Masehi. Menurut bahasa, istilah ini mengandung pengertian sebagai kopi yang dikombinasikan dengan gula dan krim. Hal ini karena adanya komposisi campuran antara gula, kopi, dan krim pada cappucino.

Minuman cappucino sendiri mempunyai warna coklat yang mirip dengan sebuah jubah milik para Capuchin gereja Katolik di Roma. Sementara itu, secara bahasa ‘capuchin’ berarti jubah bertudung di Italia. Selain itu, istilah ini juga digunakan untuk menyebut para biarawan Capuchin karena jubah yang terdapat tudung yang memang dipakai ketika di gereja.

Meskipun istilah ‘kapunzier’ awalnya populer di Wina, namun penyajian cappucino yang Anda kenal sekarang ini pertama kali tercipta di Italia. Kemudian, sebutannya berubah menjadi ‘cappucino’. Minuman istimewa ini dibuat pertama kali pada tahun 1990. Kemudian, sesudah terkenal tercipta mesin espresso pada tahun 1901.

Trik Membuat Cappucino Ala Café Sendiri di Rumah

Secara umum, resep dari cappucino disajikan bersama 1 shot espresso. Bila kurang mantap, Anda bisa menjadikan dua kali resep menjadi 2 shot espresso. Kemudian, bisa ditambah dengan susu panas yang telah mengalami proses pengolahan steamed.

Proses dari pengolahan susu berbentuk steamed sendiri memanglah penting, sebab akan menciptakan rasa manis. Dengan demikian, mampu untuk meningkatkan tekstur yang sesuai dengan Anda, para pecinta kopi cappucino. Terdapat manfaat lain dari adanya susu steamed, yaitu menambahkan sensasi segar ketika dipadukan dengan bahan lain.

Jika Anda membeli cappucino di café, espresso berasal dari mesin olahan untuk membuat espresso. Seperti halnya susu panasnya, juga berasal dari mesin steamer pada mesin espresso. Namun, Anda tidak perlu untuk risau, dari alat sederhana tetap bisa membuat cappucino sendiri di rumah.

Untuk bisa membuat cappucino yang nikmat, berasal dari espresso yang berkualitas. Selain itu, bisa dipengaruhi oleh frothed milk atau steamed milk yang imbang. Anda juga wajib untuk menghangatkan cangkir porselen sebelum disajikan.

Demikian sejarah dan cara membuat cappucino yang perlu untuk Anda ketahui. Bila Anda ingin membuat minuman cappucino sendiri di rumah, Anda hanya perlu menggunakan trik di atas, sehingga bisa menikmati secangkir cappucino buatan sendiri.